Perhatian ! Dipersilahkan mengutip sebagian atau keseluruhan isi blog ini ke blog Anda ASAL menyebut URL sumber tulisan dan/atau permanent link artikel yg dikutip.Komentar, saran atau pertanyaan dapat diajukan melalui buku tamu, kotak komentar blog atau email ke: PutiJasmien@gmail.com

Sekilas Kota Padang Panjang

Secara geografis Padang Panjang terletak pada ketinggian 650 meter diatas permukaan lautdenganluas 23 km persegi dan termasuk didalam 15 kota/kabupaten di Propinsi Sumatera Barat (Sumbar). Kota yang bersih, berhawa sejuk, dan bercurah hujan rata-rata 3.259 mm per tahun dan berada di sekitar Gunung Merapi (2.891 m), Gunung Singgalang (2.877 m), dan Gunung Tandikek (2.438 m).

Pendapatan per kapita Kota Padang Panjang sebesar Rp. 2.225 juta (tahun 2000 dan menjadikan kotaini sebagai kota dengan pendapatan tertinggi di Sumbar. Pertumbuhan ekonomi sebesar 3,63 persen, memiliki beberapa potensi alam yang belum sepenuhnya tergarap, seperti tambang,sumber mata air pegunungan dan potensi dibidang peternakan seperti daging, sapi perah dan lain sebagainya.

Potensi pariwisata juga tak kalah bagus dan menariknya untuk dikembangkan. Ada Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) dan Perkampungan Minangkabau yang kini belum tergarap maksimal, bahkan terkesan terlantar. Kehadiran STSI juga mendukung keberadaan Padang panjang sebagai kota tujuan utama wisata.

Sepanjang jalan di kota ini banyak pelajar dan masyarakat berpakaian islami (semacam pesantren) karenamenurut catatan sejarah, sejak zaman penjajahan telah berkembang sarana dan prasarana pendidikan agama islam seperti Thawalib Gunung, Diniyah Putri, Madrasah Isyadin Nas sehingga di kota ini banyak tokoh ulama dan tokoh nasional yang mendapatkan pendidikan dari sini, sehingga Padang Panjang dulu dikenal sebagai pusat pergerakan pemikiran Islam yang disegani dan basis pendidikan Islam terkemuka di Indonesia.

Tujuan wisata yang terkenal di daerah ini adalah Lembah Anai, yang biasa dijadikan para pengunjung sebagai tempat untuk berwisata karena air terjun dan sungai di bawah air terjun yang sangat sejuk dan biasa dinikmati orang yang berlintasan di jalan raya yang jaraknya tak jauh dari Lembah Anai.
Untuk yang hoby makan di daerah ini terdapat beragam makanan yang dapat dinikmati seperti Sate Padang Panjang (yang terkenal Sate “Mak Syukur”), racik kacang, rakik bada, Kerupuk ubi di bungo Tanjuang dan pitalah, Kerupuk jangek dan Dendeng kering di Tanjuang Barulak serta Ketupat Pitalah di nagari Bungo Tanjuang dan Pitalah. Untuk makanan kecil banyak kita jumpai di sepanjang jalan yang kita lalui di kota ini.

1 comment:

Anonymous said...

salam kenal mbak...